Begini Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Secara Alami

Kategori



Rambut adalah mahkota kepala bagi setiap orang, baik bagi pria maupun wanita. Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa setiap orang ingin memiliki rambut yang sehat, indah, dan berkilau. Oleh karena itu, diperlukan perawatan rambut. Perawatan rambut juga harus dilakukan dengan benar dan tepat, karena jika tidak rambut malah akan mengalami kerusakan, seperti rambut rontok, rambut kering, rusak, patah-patah, dan bercabang. Rambut hitam, tebal, dan panjang memang menjadi simbol dari keindahan rambut, khususnya para wanita. Rambut ikal dan keriting juga akan terlihat cantik dan indah jika dirawat dengan baik. Untuk itu, jika kamu menginginkan memiliki rambut yang cantik dan indah, kamu perlu tahu bagaimana cara merawat rambut secara alami.

Yuk kita simak beberapa tipsnya! Semoga tips ini akan membantu rambutmu agar tetap sehat dan berkilau.

Bersihkan Rambut dan Gunakan Kondisioner

Jika ingin merawat rambut, kamu perlu membersihkan rambut 2—3 kali dalam seminggu menggunakan sampo yang mengandung vitamin E. Jika sudah menggunakan sampo, sebaiknya kamu juga menggunakan kondisioner setelah keramas. Kamu bisa mendiamkan kondisioner di rambutmu selama 10—15 menit, lalu kamu bisa membilasnya. Setelah itu, kamu pasti mendapatkan rambut yang halus dan mudah diatur.

Hindari Hair Dyer

Meskipun dapat mengeringkan rambut dengan cepat, nyatanya hair dryer tidak baik loh untuk kesehatan rambut. Bagi kamu yang ingin mempunyai rambut kuat dan tidak mudah rontok, sebaiknya hindari pemakaian hair dryer. Pemakaian alat pengering rambut ini membuar rambut menjadi rusak. Jadi sebaiknya rambutmu hanya perlu dibungkus dengan handuk lembut agar air pada rambut basahmu dapat meresap dan mengering.

Menggunakan Minyak


Ternyata minyak minyak alami seperti minyak kelapa, minyak bunga matahari, dan minyak almond sangat bagus untuk merawat rambut kering dan bercabang loh. Minyak-minyak ini dapat meningkatkan kelembutan rambut. Caranya kamu hanya perlu mengoleskan minyak ke rambut dan kulit kepalamu setelah keramas, kemudian bungkus rambutmu dengan menggunakan handuk hangat. Diamkan hingga 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Selain ketiga minyak ini, minya zaitun juga dapat bermanfaat untuk melembutkan rambut dan menjaga kesehatan rambut. Caranya berbeda dengan penggunaan minyak-minyak sebelumnya. Cukup aplikasikan minyak zaitun ke seluruh permukaan rambut sebelum keramas, lalu diamkan selama 5 menit. Jika sudah, kamu bisa langsung mencucinya dengan sampo. Untuk hasil yang optimal, sebaiknya kamu lakukan cara-cara di atas dua kali dalam seminggu.

Cuka Apel

Bukan hanya bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, tetapi cuka apel juga bermanfaat untuk mengurangi rambut rusak dan menjadikan rambutmu menjadi lebih halus dan lembut. Meski baunya tidak enak, tetapi kamu harus mencampurkan detengah cangkir sari cuka apel dengan satu sendok makan minyak gandum, lalu tambahkan air secukupnya. Setelah itu, kamu bisa mengoleskannya ke seluruh rambut yang telah dicuci sebelumnya. Ingat, harus pada rambut yang masih dalam keadaan basah. Setelah itu, diamkan selama 10 menit, lalu bilas bersih tanpa menggunakan sampo.

Mayones

Selain enak untuk toping berbagai jenis makanan, mayones ternyata juga bermanfaat untuk melembutkan rambut dan meningkatkan minyak alami rambut. Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah. Setelah keramas dan mengeringkan rambut dengan handuk, oleskan satu sendok makan mayones pada rambut, lalu bungkus rambut dengan shower cap atau handuk panas. Setelah itu, biarkan mayones meresap ke dalam rambut selama 15—20 menit. Terakhir, bilas rambutmu dengan shampo bayi atau shampo herbal.

Alpukat

Tidak hanya enak untuk dijadikan jus, namun buah alpukat juga mampu memberikan kelembaban dan melembutkan rambut loh. Kamu bisa menjadikan alpukat sebagai masker rambut jika ingin melakukan perawatan rambut secara alami. Caranya mudah, kamu hanya perlu memblender alpukat yang dicampur oleh dua butih putih telur. Jika sudah tercampur, kamu bisa langsung melumurinya ke seluruh rambut sambil melakukan pemijatan secara merata dan perlahan. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas rambut menggunakan air dingin.

Sebenarnya merawat rambut tidaklah sulit, kita hanya perlu mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan tepat. Jika sudah, kamu bisa langsung menerapkannya pada rambutmu kan? Oleh karena itu, tunggu apalagi. Segera terapkan cara-cara di atas agar kamu terhindar dari rambut rusak, kering, dan bercabang.

Sumber gambar: pexels.com



  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Begini Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Secara Alami
      Komentar(0)